We are currently not accepted custom order. Ship Worldwide. Email: contact@sweetbatik.com - Phone/Text: +62 821 3078 0423 (Bahasa) & +62 857 1545 6732 (English)
SWEET BATIK IS PROUD TO USE FABRICS OFF-CUTS & RECLAIMED FABRICS AS WELL

The Dangerous of Plastic Products! Learn it before it's too late.

That's the tittle of an article that I'd like to share today, taken from Aku Ingin Hijau website. They also provided a cheat sheet that you can cut & save it on your wallet too ^_^



Salah satu senyawa yang berbahaya di plastik adalah Bisphenol A (BPA). Efek negatif dari penggunaan senyawa plastik bisphenol A (BPA) semakin bertambah. Makin banyak saja peneliti yang menemukan 'kejahatan' BPA bagi tubuh dan mengingatkan pentingnya masyarakat untuk menghindarinya.

Kali ini peneliti menemukan kaitan yang lebih paparan bahan kimia BPA dalam plastik terhadap risiko kesehatan penyakit jantung.

Hasil temuan ini semakin menguatkan penelitian sebelumnya yang melarang penggunan plastik sebagai kemasan makanan atau minuman.

Peneliti dari Inggris dan AS menemukan kandungan tingkat tinggi senyawa BPA dalam urin yang berhubungan dengan penyakit jantung. Penelitian ini melibatkan 1.493 orang yang berusia 18-74 tahun.

"Analisis kami menunjukkan senyawa BPA memainkan peranan dalam penyakit diabetes, beberapa jenis penyakit hati dan masalah pada jantung. Selain itu, BPA juga termasuk ke dalam kelas senyawa pengganggu endokrin," ujar David Melzer, profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat dari Peninsula Medical School di Exeter, Inggris, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/1/2010).

Endokrin adalah sistem di dalam tubuh yang terdiri dari beberapa organ atau kelenjar-kelenjar yang memiliki fungsi menghasilkan serta melepaskan hormon-hormon tertentu ke aliran darah.

Beberapa negara memang telah mengambil tindakan untuk melarang penggunaan BPA. Pada tahun 2008 lalu toksikologi dari AS di National Institutes of Health pernah menyimpulkan bahwa senyawa BPA bisa memberikan efek merugikan terhadap perkembangan prostat, otak dan perubahan perilaku pada janin, bayi dan anak-anak.

Senyawa BPA seringkali ditemukan dalam botol susu bayi, botol kemasan isi ulang atau plastik pembungkus makanan.

Kabar baiknya, sekarang sudah banyak plastik yang dibuat tidak mengandung BPA alias BPA-Free. Saya sangat menghimbau pembaca blog ini untuk share informasi ke kerabat, teman, maupun ke milis/Facebook groups.

Untuk informasi lengkap tentang simbol plastik yang berbahaya, silakan cek di website Aku Ingin Hijau ini: http://akuinginhijau.org/2008/03/16/hati-hati-dengan-bahaya-plastik-pelajari-sebelum-terlambat/

1 comments:

Hi, thank you for your comments. We love to hear them. Have a great day :)